Ciri IC EMMC Android Rusak, Penyebab dan solusinya

Ciri-ciri kerusakan yang dapat terjadi pada EMMC atau ic Emmc pada smartphone android, baik itu Samsung, oppo, andromax, android china dan sebagainya dapat dibedakan menjadi 3 level kerusakan. Untuk kerusakan level kedua mungkin solusinya masih dengan flash ulang tanpa mengganti komponen emmcnya.

Banyak smartphone android dengan kerusakan pada emmcnya yang dijual di olx, ataupun di facebook, kemungkinan yang menjual barang tersebut sebagian adalah tukan service, dan setelah penulis browsing ternyata juga banyak yang menawarkan jasa ganti ic emmc atau memperbaiki kerusakan emmc itu sendiri, nah oleh karena itu jika kerusakan emmc masih level 1 atau 2, adakalanya anda dapat memperbaikinya sendiri terlebih dahulu.

Kerusakan EMMC ini paling sering terjadi pada HH yang sering di flash, wipe dan sebagainya. yang paling menonjol dari kerusakan Emmc android pada saat ini ialah android yang dinyalakan hanya sampai di tampilan logo (stuck di logo). Stuck di logo ini berbeda dengan bootlop, untuk yang bootlop tinggal di flash ulang, masalahnya akan kelar namun untuk yang emmcnya rusak mungkin hal ini tidak dapat membantu, ok berikut adalah 3 ciri ciri kerusakan dari ic emmc.

emmc rusak android, ciri ciri gejala ic emmc rusak pada anroid hp smartphone, penyebab kerusakan emmc android, mengatasi emmc android rusak, solusi emmc rusak android


Berikut adalah ciri-ciri kerusakan pada EMMC sesuai kategorinya:


EMMC  Rusak stadium 1 (Biasa)

Ciri-cirinya : Bisa masuk recovery, masuk fastboot tetapi ketika melakukan flash rom sering muncul pesan berwarna merah. ini bisa diatasi dengan melakukan reboot.

Berbeda dengan error recovery/eror rom . pada kondisi ini biasanya recovery akan muncul pesan merah beberapa baris mungkin 3-4 yang bertuliskan failed can't mount,,,,.

Penyebab : Biasanya terjadi ketika anda sering mengganti rom gadget anda

EMMC Rusak stadium 2 (Sedang)

Ciri-cirinya : tidak bisa masuk recovery, akan tetapi anda bisa masuk ke mode fastboot. Berbeda dengan kasus tidak bisa masuk recovery akibat gagal/kesalahan flash. Pada keadaan ini meskipun hh anda dalam kondisi hidup bisa saja terjadi.

Solusi : kemungkinan masih bisa diatasi dengan melakukan flash rom dgn pc, dengan begitu kita membuat hh bootloop ini adalah cara memancing recovery untuk muncul karena setelah flash rom maka otomatis system akan tertimpa rom baru sehingga system dapat memancing kembali recovery.

Jika sebaliknya bisa masuk recovery tp tidak bisa masuk fastboot. caranya meletakan rom di sd card dan melakukan flash lewat sdcard. bagaimana jika masih menggunakan mi recovery?alias recovery bawaan? ini adalah masalah anda, bagaimanapun caranya anda harus berjuang agar dapat masuk ke mode fastboot.

Emmc rusak stadium akhir (Kerusakan parah)

Ciri-ciri: muncul banyak tulisan merah pada recovery, layar seperti tv rusak tidak bisa masuk recovery maupun fastboot, ataupun bisa masuk recovery bisa masuk download mode, di flash semua rom sukses akan tetapi tidak ada perubahan atau sama seperti sebelumnya.

Atau hh masih bisa di pakai dan sukses instal app dan sebagainya namun setelah reboot appnya hilang atau kembali semula.

Splusi : Untuk solusi kerusakan Emmc Stadium akhir ini, solusinya adalah Ganti EMMC.

Untuk kamu yang ingin mengetahui harga IC EMMC silakan lihat artikel dibawah ini

Harga IC EMMC Android

Itu tadi adalah 3 kategori level kerusakan pada ic emmc pada smartphone android, untuk kategori kerusakan yang ketiga solusi satu-satunya adalah mengganti ic emmcnya dengan ic yang baru, namun sebelum mengganti ic emmc silakan analisa baik-baik terkebih dahulu.

Update: Sederhananya ciri ciri IC EMMC rusak sebagai berikut :

  1. Di Flashing Selalu Failed
  2. Flashing jalan sebentar lalu Failed
  3. Flashing atau reset/wipe sukses tapi data tetap tidak hilang (data kembali seperti semula) banyakan ditype P3100, i9250 dan masih ada juga banyak ditype lain
  4. Dan masih banyak kemungkinan lain

Cek Kondisi ic eMMC Android


Untuk mengetahui lebih lanjut penulis mempunyai dua cara. Cara berikut hanya berlaku buat android.

  1. Cara pertama menggunakan sebuah aplikasi, cara ini hanya cocok buat ic eMMC yang belum parah atau masih bisa menginstal aplikasi dan lainnya, atau mungkin kamu hanya ingin tes hp kamu. silakan baca pada artikel berikut : Cara cek kondisi ic eMMC atau mengetahui merk IC
  2. Cara yang kedua, adalah menggunakan SP Falsh Tool. Hal ini untuk lebih memastikan. Cara ini paling coock jika hp kamu sedang bootlop atau brick, atau mungkin kamu membeli HP dalam keadaan stuck dilogo. kamu bisa ngetesnya dengan cara berikut Tes kondisi ic eMMC via FlashTool
Nah, itulah update Ciri-ciri IC EMMC Android Rusak, Penyebab dan solusinya yang dapat penulis sampaikan, untuk yang mempunyai pertanyaan lain silakan berkomentar dibawah.

172 komentar

Slmt malam pak
Mau tanya..nih pak
Hp sy Motorola Moto x 2014.
Knp ya selalu menjadi download dengan sendirinya.apakah bisa di katakan asa kerusakan pada Emmc nya .
Trm ksh.atas perhatiannya

Slmt malam pak
Mau tanya..nih pak
Hp sy Motorola Moto x 2014.
Knp ya selalu menjadi download dengan sendirinya.apakah bisa di katakan asa kerusakan pada Emmc nya .
Trm ksh.atas perhatiannya

mas mau tanya , hp saya himax polymer x , hp saya stuck dilogo berulang2 ,dan cuma getar saja , saya coba flash dipc dan sukses , tapi tetap balik kekendala yang sama ,

kalau masih bisa masuk fastboot tapi di flash gagal terus itu gmn? redmi 3 pro

Maksudnya bagaimana pak? bisa dijelaskan masalahnya lebih detail, Mungkin yang bapak maksud hpnya selalu masuk kemode Download atau mendownload Aplikasi sendiri dan sebagainya pak?

Kalau memang proses Flashing sudah benar dan sesuai dengan seharusnya dan hasilnya tetap sama, berarti kerusakannya terletak pada EMMCnya mas, EMMC sudah tidak bisa di Write jadinya mau di flash bagaimanapun itu sama dengan dengan tidak diflash mas, solusinya Ganti EMMCnya.

Gagalnya bagaimana bro? Proses Flahsingnya berhasil tetapi hasilnya sama saja atau memang gagal saat proses Flashing?? Flashing mode PC atau SD Card bro?

Kalau proses Flashing yang gagal coba metode kedua tersebut bro, karena hampir seperti kasus yang pernah penulis alami, Gagal di mode flashing lewat pc, tetapi berhasil di mode SD card bro.

Gan please help
Ane ketipu beli hp di olx
Hp ane lenovo a6010
Pas nyala semua normal
Tapi setiap di lockscreen/stanby sekitar 15 detik hp langsung mati.
Dan baru bisa hidup lagi jika dicabut batre dulu.
Kira2 kenapa gan ?
Udah 2 tukang service terdekat menyatakan diri menyerah..
Please help..

Mas ini gimna klau mau ngecess bisa tapi mesipun 1 hari tetep dapet 3% terkadang 15% paling full klau ngeces gk sampek 100% meskipun di cazz ke adaan mati

Mas ini gimna HP OPPO NEO5 klau mau ngecess bisa tapi mesipun 1 hari tetep dapet 3% terkadang 15% paling full klau ngeces gk sampek 100% meskipun di cazz ke adaan mati

Klo tablet dinyalain cuman muncul tulisan sistem ui telah berhenti ...gmn bos

Ini mau nanya boss hp adek saya muncul tulisan cina banyak... Kayak nya waktu nyalain hp pakek kombinasi tombol power dan volum cara atasin ya gimana bos

Mau nanya bos hp adek saya muncul tulisan cina banyak bos kayak nya pas nyalain hp pakek kombinasi tombol power dan volume itu gimana ya cara balikin seperti semula...hp tab evercross makasih

hp saya mentok di logo gara-gara main geme udah di sofwair ke konter tapi gak bisa?

Kalau masalahnya seperti itu sepertinya banyak kemungkinan yang muncul bro, pertama, ini kemungkinan terjadi handware hp kamu soalnya dari pengalaman saya dengan kasus yang sama tetapi dengan merek yang berbeda, milik teman saya juga seperti itu bro, intinya kalau di lockscreen sudah tidak bisa di nyalakan kembali kecuali di reset (Cabut baterai trus nyalakan lagi). Pas saya coba bongkar, ternyata hpnya sudah di sambung langsung tombol powernya. coba kamu buka bro, cek apakah ada tombol yang disambung langsung atau tidk. Coba cek tombol powernya jika ada kabel kecil2 disana yang tersambung, pasti sama dengan kasus teman saya.

kalau untuk penjelasan secara detail mungkin saya tidak bisa memberikan detail secara lanjut bang, tapi kalau dari ciri-ciri EMMC rusak diatas, kemungkinan itu bukan pengaruh EMMCnya.

Hpnya pernah jatuh dan sebagainya?? Kemungkinan itu pengaruh Handwarenya bro, coba cek baterainya atau IC Powernya.

Kalau itu mau di FLashing ulang saja bro, itu namanya kegagalan system UI bro. COba Flash dulu.

Iya, kemungkinan itu booting ke recovery modenya bro atau factory mode. Emang tombolnya bermasalah atau bagaimana gan????

Si tukang servicenya bilang apa gan??? Kalau memang sudah dicoba di sofware (Lebih tepatnya di FLASHING) tapi tidak ada perubahan kemungkinan besar IC EMMCnya bermasalah bro.

Bang saya mau tanya hp ane spc s15 terra stop di logo terus gan, dan ane coba bawa ke tukang service udh 2 tempat nyerah semua tuh alasannya sih tukang service ke 1 alasannya hp ane gak bisa konnect ke komp, alasan service ke 2 hape ane kayanya gak bisa di flash haruh ganti emmcnya, madalah hp ane bootlop gara gara ane root bang truss ane otak atik eh aku mau masuk recovery gak bisa dan aku browsinbg harus di flash eh di flash masih belom bisa juga gimana bang.....kasi solusi dong plisssss......

bang HP saya Redmi 3 Pro , dan kemarin tiba tiba sinyal HP saya hilang sendiri dan disini imei masih ada . akhirnya saya install rom yang lama buat benerin ehh malah sim card ga kebaca + IMEI hilang + status telefon gabisa dibuka . penyebab nya apakah EMMC nya yang bikin IMEI hilang sendiri ?

Tanya mas, hp himax kena hujan, mau di lap biar kering tp tak matiin dulu trus 1 jam nya tak nyalain lg ga bisa gmn solusinya, kata temen IC power mungkin rusak, trus diganti katanya mahal,,,gmn solusinya mas

Kayaknya masalag di tombolnya mas, coba cek kembali lagi

Mas sy punya samsung p1000 bisa hidup klo udh mo masuk menu tiba2 mati, dan hidup dgn sendirinya, tlg solusinya

Mau nanya mas... HP saya lg g pro lite d686... Gagal root keluar "error : boot certification verification <-1>". D flash tetap gtu. Apa yg salah ya mas? Terima kasih

Mau nanya mas... HP saya lg g pro lite d686... Gagal root keluar "error : boot certification verification <-1>". D flash tetap gtu. Apa yg salah ya mas? Terima kasih

gan, ace 3 saya selalu restart dan seperti tv rusak terus udah di flash berhasil tapi tidak pengaturan dll tidak berubah dan setelah beberapa hari kembali seperti tv rusak apakah itu ciri emmc nya yg rusak ?

Mas mau tanya, ini setiap wipe data/cache kok mesti failed kenapa ya?

Mas mau tanya, ini setiap wipe data/cache kok mesti failed kenapa ya?

Mau tanya gan ane baru beli hp di fb pertamanya lancar trus pas buka aplikasi langsung mati .trus tombol power ga berfungsi.itu kira2 apanya ya yg rusak .kata tukang servis ic power nya harus di ganti.

oppo r821 , sering muncul , sayangnya program telah berhenti , udah di factory reset sukses , tapi setelah booting masih saja muncul kembali tulisan sayangnya program telah berhenti

kemudian saya flash ulang opponya lewat pc dan berhasil , tetapi setelah booting tidak ada perubahan gan , tlg solusinya

Slm plat z..mhon pncerhn y gan...hp ane ss ace2 dpt bli lwt fb..kt y sih hrus d flash bres...eh pas d flash tetep mntog d logo..pas mw msuk hard reset ada tulisan merah...kira2 knpa y gan? Mhn info y

izin nanya gan klw gagal flashing redmi note 3g wcdma ada peringatan brom error file not load solusinya begimana gan ...? terimkasih

Wah, kayaknya sudah parah bro kalau seperti itu, soalnya kalau dinyalakan dalam keadaan basah sudah tentu koslet, kalau sudah koslet seperti itu jalan satu2nya dibawah ketukang service bro.

Hpnya pakai Mediatek atau apa mas?? Kalau masalah mas pada tukang service yang pertama kemungkinan itu hanya Kompinya aja yang bermasalah makanya tidak didetek, untuk yang keduanya kemungkinan sudah di flash tapi tidak ngaruh, nah kalau sudah begini sudah tentu EMMCNya gan, makanya dia bilang harus ganti EMMCnya bro. Waktu di root lihat tutorial dimana bro? Sudah coba flashing pakai SDCARD?

punten minta solusinya hp sy lg l70 keruskanya pas di cas dalam keadaan hp mati terus selang beberapa menit ada tulisan dbi err fatal .............. itu gmna cara memperbaikinya

gan, hp samsung s3 saya layarnya berwarna putih bergaris ketika dinyalakan. sy bawa ke tukang servis, yang kena bukan lcd nya, tapi ic emmc nya katanya kalo ganti baru habisnya 500rb. kira2 wajar ga gan tarif segitu?

Gan gimana klu berasil flas tapi tapi tetap stuck pada logo mi.... Tapi rom sistem masuk bisa d hidupin dengan mengetik fasbot continue pada pc lewat adb.... Tapi jika d rebot kembali penyakit balik lagi. . ... Instal aplikasi aman aja....recovery hilang. .... Apa bs d bilang hp saya emmc nya rusak. ....

Kalau masalah itu sepertinya ada kerusakan di IC Powernya mas. Awal mulana seperti apa mas? Jatuh yah atau tiba-tiba?

Kalau masalah itu bkan EMMCNYA bang, coba flash rom, tapi yang stock romnya, atau bisa juga cari backupan imei, biasanya kalau di room terletak di Modem1 dan modem2nya bang.

Coba cek frimware yang mas pake untuk flash, sudah sesuai atau bagaimana mas? Karena dari pengalaman penulis kalau gagal root, tinggal flash ulang beres asalahkan rom yang diflash sesuai mas, atau setidaknya recovery saja backupan romnya mas.

Jika ic EMMC yang bermasalah bisanya kalau sudah serius pengaturan atau apapun yang dilakukan tidak akan tersimpan atau istilahnya sudah tidak bisa menulis di Memory internalnya karena sudah rusak, tapi dari kasus diatas sepertinya IC EMMC sepenuhnya belum rusak karena masih bisa normal ketika diflash tapi beberapa saat kemudian kembali lagi, itu artinya IC Emmc kemungkinan sudah atau hampir RUSAK mas.

Kalau yang ini sudah jelas IC Emmc bermasalah mas, tapi saran dari penulis ada beberapa Hp yang seperti ini, tapi ketika penulis flash hpnya jadi normal. coba flashing dulu mas, kalau memang tidak ada perubahan berarti satu-satunya cara ganti IC EMMC mas.

klo lenovo a319 diganti emmc merk lain bisa gk mz

klo emmc lenovo ganti dg emmc merk lain bisa gk mz

Bang help... Meizu M2 selalu firmware corrupt pas flash via recovery. Ganti firmware dari yg versi global sampe china tetap aja hasilnya sama. Apa itu termasuk emmc nya rusak juga kah bang?

mas saya mau tanya, hp saya samsung grand duos, masuk download mode bisa tapi belum saya accept uda reboot lagi, begitu terus menerus itu kenapa ya mas, masuk recovery mode juga bisa tapi belum dioperasikan uda reboot sendiri, mohon penjelasnnya mas makasih

saya punya hp asus zenfone 2 laser setiap kali di klik tombol volum atas pasti ngehank dan klo di isi kartu SD hp cuma nyala sampai logo aja dan kadang" juga restar" sendiri.itu masalahnya apa ya mas dan solisinya gimana???

Mas mau nanya ,.. ini HH redmi 2 biasa
udah pernah ganti ROM 4kali skrng osisi Global 8.2.10
nah kan dulunya KK sekarang loli ... masalahnya
diRom ini HH lemot & panas mau downgrade ke Global KK lagi, apakah kemungkinan bisa rusak EMMC nya ? soalnya udah sering ganti ROM . saranya master 😊 thnks

hy mass..
hp saya oppo joy r1101...
wipe data nya failed trus...
tu kta orang konter harus ganti emmc nya...harga 350 rb..
apakah itu benar mas?
apa saya harus cari hp lain yang harga 350 rb aja?

mohon answernya...thanks

COba cek postingan saya tentang harga iC emmc mas, untuk harga misalnya IC Emmc harganya 150 biasaya ongkos kerjanya 50-100 Ribu mas tergantung si tukan servicenya mas. kalau untuk wipe datanya failed trus sudah tentu itu pengaruh IC emmcnya.

Kalau dari pengalaman saya mas, gonta ganti rom, upgrade ataupun downgrade versi, alhamdulillah sampai sekarang belum pernah sampai membuat EMMCnya rusak. tapi dalam forum-forum tertentu mengatakan untuk membuat IC Emmc bertahan lama yah tidak disarankan untuk terlalus sering uprek-uprek hhnya mas.

wah kayaknya ribet tuh mas, kalau masalah tombolnya kemungkinan besar itu pengaruh handware yah mas, kemungkinan ada arus yang koslet pada volume atasnya mas, untuk memorynya coba ganti dengan memori lain mas.

kalau kasus seperti ini belum pernah tangani bro, tapi HH nya normal tidak bro??? maksudnya frimwarenya berfungsi dengan baik atau memeang ada masalah?

Untuk memastikan IC EMMCnya harus berhasil dulu bro di flash, kalau tidak ada perubahan baru dikatan ICnya. tapi kalau memeang pada dasarnya belum sempat di flash, coba cek dulu cara flashnya, file frimware sudah benar atau belum, trus waktu download firmwarenya kira-kira tidak ada masalah gak bro? kemungkinan file frimwarenya corrupt benaran.

Tergantung mas, IC EMMCnya punya nomer ID atau nomer pengenal sendiri(Kode), kalau pas atau cocok dengan nomer yang digunakan, intinya sama. pasti bisa bro, tapi untuk jenis-jenis ic EMMC sepertinya hampir beda setiap beda merek

Mas mau tnya,,hp saya gk detek sd card,di hp bertuliskan pasang kartu sd, pdhal udah di psang kartu sd nya,,gmna tu mas ?

Mas mau tnya,,hp saya gk detek sd card,di hp bertuliskan pasang kartu sd, pdhal udah di psang kartu sd nya,,gmna tu mas ?

Mas mau tnya ni,,hp sya selalu bertuliskan pasang kartu sd,,pdhal udh sya psang kartu sd nya,,gmna tu mas ??

Pertama pastikan dulu SD cardnya normal tidak bro, coba ganti atau pasang di hp lain, kalau detek berarti normal, kemudian cek dulu gigi-gigi pada tempat sd card di HP, apa semua normal atau tidak bro, kalau sudah pasti semua normal ada kemungkinan frimwarenya bermasalah atau os nya bro, atau mungkin ada kerusakan sistem, solusinya flash ulang untuk masalah OSnya, tapi pastikan dulu kalau benar osnya yang bermasalah baru di flash ulang bro.

Mas mau tanya
Wkt ane nyalain hp ane muncul tulisan system ui telah berhenti pas ane coba factory reset,trus ane nyalain hp ane malah bootlop
Jadi ane mau coba flashing tapi saat ane masuk recovery mode ada banyak tulisan failed open mouth apalah itu
Apa ane hrus ganti ic EMMC nya?

Saya pernah ketemu kasus yang sama mas, cuma kebalik, jadi HHnyya bootlop, kemudian saya wipe melalui recovery mode, bootlopnya pun teratasi, tapi saat masuk kemenu utama, muncul tulisan system UI telah berhenti, setelah itu saya flash ulang via SD Card akhirnya HHnya normal. Untuk kasus diatas, jika masalahnya tidak bisa nge flash karena bawaan recovery modenya, coba flashing lewat PC mas. kalau gagal atau tetap bootlop berarti sudah tentu IC EMMCnya

Permisi mas, bisa minta sdimage andromax es?

Tidak ada bro, sudah coba searching?

Mau tanya mas , hh ane sony E3 dual , awalnya muncul aplilasi bla bla telah berhenti trus saya oke muncul lg, gitu terus ampe ggk bisa di apa*in hp nya , saya coba flas cuman stuck di logo doang, mohon pencerahannya

Mau tanya mas , hh ane sony E3 dual , awalnya muncul aplilasi bla bla telah berhenti trus saya oke muncul lg, gitu terus ampe ggk bisa di apa*in hp nya , saya coba flas cuman stuck di logo doang, mohon pencerahannya

Kalau masalahnya, admin juga pernah ketemu, cuma beda merek, seharusnya kalau cuma masalah dengan kesalahan sistem OS (contoh kasus muncul aplikasi tertentu telah berhenti terus menerus), jika selesai di flash dengan benar pasti sembuh bro. coba cek, sudah benar cara flashnya dan frimware yang digunakan? kalau memang sudah benar dan aman tapi hasilnya masih seperti itu, kemungkinan besar IC EMMC bro. ICnya sudah tidak bisa di Write, makanya mau nulis/flash bagaimanapun pasti tidak ada perubahan.
Tapi kalau begitu, berarti IC hh mas bro masih bisa di write, karena masih ada perubahan setelah di flash walaupun perubahannya malah bootlop, kemungkinan salah flash bro, coba cek ulang.

mas, mau tanya dan mohon pencerahannya.
HP andromax R saya tu kemarin bootloop, lalu saya flashing. pas updating 90 an persen, muncul tulisan "failed to erase emmc:userdata!.
nah, karna saya gak nemuin solusinya saya lanjut dengn tekan tombol power. kemudian muncul tulisan merah 3 baris.
menurut mas, selanjutnya tahapan pa yg mesti saya coba..?

Terimakasih mas atas bantuannya. semoga bisa cepet balas.

Assalamualaikum ... Gimana Jika xiaomi Saya bootlop Tapi Masih Bisa Masuk Recorvery Mode Kmrin Aku Vaz Kelamaan... apakah Bisa Di Katakan Mmc Rusak ...Atau Hanya Perlu Tindakan Flash Aja ...

Waktu flashnya pakai metode via PC atau langsung SD Card, untuk lanjutannya coba gunakan metode via pc atau sebaliknya, saya pernah ketemu dengan masalah ini, ada dua smartphone yang sama, sama type dan merek trus sama-sama bootlop, ada yang berhasil metode pc ada yang gagal begitupun sebaliknya, jadi sebagaiknya gunakan dua metode ini, semoga berguna

Walaikumsalam. Untuk flashing via PC sudah bro atau hanya mode Update via recory? maksudnya itu Vaz kelamaan? Flash maksudnya? kalau flash, waktu flashing via apa bro? itu dulu yang perlu dijawab.

mas saya punya tab 4.80 nah hp saya itu bootloop pas logo samsungnya restart lgi saya coba masuk recovery mode belum dioperasikan udh restart sendiri, pas saya masuk download mode odin tetep jugaa belum dioperasikan udh restart sendiri.gmn solusinya itu?

gan ane mau tanya nih, kalau pas mau di flashing via flashtool kok gak terbaca ya? padahal ane udah instal dan ekstrak semua bahan yang sesuai dengan hp nya. nah untuk permasalahan androidnya juga cukup membuat ane bingung. sekali-kali hpnya bisas dihidupin, tapi pas matinya cuma bergetak saat dicolok sama cas. apakah ini juga termasuk kategori EMMC rusak gan? mohon bantuannya

Itu sudah pasti IC EMMCnya mas, sederhananya jika ic EMMC sudah rusak, tindakan apapun yang dilakukan tidak bakalan ngaruh, sebagiknya ganti ic mas

Pas buka aplikasi, memang keadaan smartphoennya panas yah mas? coba perhatikan dulu, kalau untuk ic power yang terjadi kerusakaan biasanya memang seperti itu mas, tidak bisa nyala atau sering restar dan sebagainya.

Kalau oppo solusinnya ganti IC EMMCnya gan. Ini sudah sering temui, ada beberapa kasus yang sama pas sudah di flash ada yang berhasil dan ada juga yang tidak ngaruh, kalau sudah tidak ngaruh berarti ic emmcnya sudah parah gan, silakan ganti saja

coba cek dulu colokan sd cardnya mas, kalau pada handware aman, coba di flashing dulu mas

Untuk tambahan saja. Ada dua kerusakan biasanya yang terjadi, biasanya kalau memang Sering restar seperti itu biasanya pengaruh IC Powernya mas. kalau bootloop kemudian sudah di flash tapi tidak ngaruh itu ic emmc. tapi dari kasus diatas sepertinya IC Powernya mas.

Kalau boleh tau, androidnya type apa mas? karena ada beberapa type untuk flash via flashtool harus dimatikan terlebih dahulu sambil cabut baterainya, sebelumnya androidnya normal atau bagaimana? kalau masalah tidak terbaca, perhatikan driver sama kabel datanya mas.

kemungkinan masalah ada pada OSnya, coba di flashing bro

oppo A11w joy 3 gan, ane udah nyoba cari solusinya. permsalahan belum tuntas gan

mav mas saya mau nanya ...hp saya andromax r klau di hidupin tampilan nya muncul reset wife data recovery udah saya restar tapi keluar nya itu lagi..mohon info dan bantuan nya mas...

mau tanya mas.kenapa ya hp sasung j1 matot setelah flashing pakai odin.setelah itu tdk bsa masuk recovery/download mode.apa mungkin ic emmc nya ya ???

mau tanya mas.kenapa ya hp sasung j1 matot setelah flashing pakai odin.setelah itu tdk bsa masuk recovery/download mode.apa mungkin ic emmc nya ya ???

Bro knapa ya hp LG G Pro Lite Dual saya di idupin cuman nyampe di logo doank tpi di cas masih masuk mohon balesan nya

Siang pak

saya punya sony xperia z2 stuck di logo
dan udh coba di flash
tapi mentok di tulisan reading device information
apa itu udh tanda emmc nya rusak??
terima kasih

gannn... hp saya kena bootloop tetapi pada saat melakukan flashing ngk mempan malah terhenti di logonya.. nah masalah itu ada sangkutanny dengan kerusakan emmcnya? tolong bantuannya yah.

maaf pak mau nanya.
Axioo venge X saya tiba2 mati total. saya tekan power tdk mau nyala,saya charger rdk mau nyala.
lanjut saya lepas soket batrei dan pasang lagi. setelah itu baru bisa ngecharger dan saya tekan tombol power mau nyala tp bootloop. saya wipe tdk bisa, saya recovery sukses tp saat saya restart ttp bootloop. apakah ini kerusakan emmc nya? bisa perbaiki tdk pak? sementara blm pernah nyoba di Flash ulang. makasih pak saya tunggu jawabannya...

Untuk kasus OPPO, biasanya pengaruh KAbel data, coba gonta ganti kabel datanya supaya kedetek dengan benar, trus untuk oppo ataupun smartphone lainnya, biasanya tidak mau detek kalau sudah terlalu banyak driver smartphone lainnya. coba cek kembali ada driver smartphone lainnya tidak? kalau ada sebaiknya di uninstall semua terlebih dahulu

COba masuk ke recovery mode bro, trus wipe data, trus restar kalau masih seperti itu, langsung saja di flashing pake stock rom Andromax R

Kalau masalahnya memang karena setelah di flash, coba perhatikan apakah frimware yang digunakan sesuai dengan HPnya? kalau tidak sesuai bisa jadi bukan pengaruh IC EMMCnya bro, itu cuma karena salah flash rom saja, tapi kalau memang yakin sudah sesuai dengan frimware dan prosedurnya, ada kemungkinan IC emmcnya bro, karena baru-baru ada dua samsung j1 yang saya tangani dengan kasus yang sama.

Itu namanya bootlop bro, umumnya tinggal flashing ulang Hp LG nya sudah baik, coba searching di google menggunakan kata kunci cara flashing LG G PRO Lite Dual. pasti ada... semoga membantu

Iya pak.

Kalau untuk memastikan IC emmcnya, seharusnya ketika di flash, proses flashingnya berhasil tetapi tidak ada perubahan sama sekali, tapi kalau kasusnya gagal flash seperti diatas "Reading device information" sepertinya itu pengaruh konektifitas pc sama hpnya pak, coba teliti kembali driver yang diperlukan, trus sama perhatikan apakah Hpnya sudah betul-betul terkoneksi dengan PCnya... ok mungkin itu dulu pak, silakan balas komentarnya jika sudah memeriksa konektifitasnya, semoga membantu.

Gan mau nanya redmi note 3 pro 3/32gb (kenzo) muncul logo MI dan sdh kluar android lalu kembali restart,itu kemungkinan besar hardware atau software gan?

Iya gan, bisa jadi seperti itu, karena apabila IC EMMCnya sudah rusak sedikit, biar di flash bagaimanapun tidak ngaruh, karena IC EMMCnya sudah tidak bisa di Write atau tulis Os, rom dan lain sebagainya

Coba cek kembali sofware yang digunakan untuk flash, kalau sudah benar semua, dan hasilnya memang seperti itu, kemungkinan besar IC EMMCnya, tapi sebelum teliti dulu sofwarenya, siapa tau salah atau ada langkah-langkah yang terlewati

Sepertinya keluar topik bro, tapi tak apa, penulis jawab disini. Untuk masalah ini apakah kartu memori sudah terdetek??

Kemungkinan besar salah frimware atau ditengah proses flash HH terputus dari Samsung J1nya. coba dicek kembali. Rekomendasi : coba pasang kabel data, trus colokan ke laptop, kalau laptop masih bisa kedetek, coba cek di device manager, kalau hh nya kedetek mode android composite atau semacamnya kemungkinan besar masih bisa diselamatkan dengan cara flash mati total.

hh saya coolpad f101 mati total tidak bisa masuk recovery tidak bisa nyala...tp saat di charger cuma sampai logo terus balik mati lagi

Assalamualaikum..
Hp saya Lenovo A1000
Kak gimana cara mengatasi SIM crad, kebaca tapi gak bisa buat nyimpen..

Assalamualaikum..
Hp saya Lenovo A1000
Kak gimana cara mengatasi SIM crad, kebaca tapi gak bisa buat nyimpen..

Gan mau nanya jika hp vivo y15 ketika di colokkan ke pc tidak terhubung,ketika dicas tidak menyambung dan mati total itu yang rusak apanya ya ?, Thanks gan

Tanya mas. Hp saya semua audionya mati alias not responsif, ic audionya kena. Tp ad masalah Laen yg mengganggu, ketika layar redup atau terkunci hh sy lgsg mati. Dan hrs dinyalakan kembali (tanpa lepas baterai, dinyalakan normal). Hh jg srg panas. Apakah itu efek dari ic audionya yg rusak. Atau ada faktor lain? Terimakasih

Tanya mas. Hp saya semua audionya mati alias not responsif, ic audionya kena. Tp ad masalah Laen yg mengganggu, ketika layar redup atau terkunci hh sy lgsg mati. Dan hrs dinyalakan kembali (tanpa lepas baterai, dinyalakan normal). Hh jg srg panas. Apakah itu efek dari ic audionya yg rusak. Atau ada faktor lain? Terimakasih

Tanya mas. Hp saya semua audionya mati alias not responsif, ic audionya kena. Tp ad masalah Laen yg mengganggu, ketika layar redup atau terkunci hh sy lgsg mati. Dan hrs dinyalakan kembali (tanpa lepas baterai, dinyalakan normal). Hh jg srg panas. Apakah itu efek dari ic audionya yg rusak. Atau ada faktor lain? Terimakasih

Tanya mas. Hp saya semua audionya mati alias not responsif, ic audionya kena. Tp ad masalah Laen yg mengganggu, ketika layar redup atau terkunci hh sy lgsg mati. Dan hrs dinyalakan kembali (tanpa lepas baterai, dinyalakan normal). Hh jg srg panas. Apakah itu efek dari ic audionya yg rusak. Atau ada faktor lain? Terimakasih

Gan kalo mengatasi kerusakan emmc biasa gimana gan ? Pencerahan nya mohon bantuanya

Tolong pencerahannya gan mengatasi emmc sedang gan

Gan mau tanya, hp saya ketika di flashing cusrom sukses, dan setelah itu reboot, tapi gak bisa hidup lagi, cas gak mau nyala(indikator gak hidup) cabut baterai terus pasng sama gak mau nyala, pencet power+vol up, tetep aja mati, knapa itu gan? Terima kasih.....

hp samsung note gt-n7000 punya saya diflas jalan sebentar trus ada tulisan merah FAIL diatas... (flas gagal) cara menanganinya hrus sperti apa..

mas hp saya samsung note gt-n7000 diflash jalan sebentar trus gagal ada tulisan "FAIL" diatas warna merah, mohon pecerahan solusinya bang...
hatur nuhun

Kemungkinan besar ia mas, karena masalah IC EMMC seperti itu, seperti yang sering saya terangkan diatas, di flash apapun tidak akan mempan.

Pak hp advan i5e saya bootloop baru pemakaian 15 hari an , langsung digaransikan tapi sekarang sudahnhampir 1 minggj hp belum kembali ke saya juga kenapa ya?

apakah emmce semua type andromax sama ya

Hp saya samsung j1 ace pak.
Tiba2 odin mode pak. Uda ditanya ke konter katanya pada emmc nya pak. Yg mau saya tanyakan. Kalo setelah dibeneri semua data,aplikasi seperti bbm dll apakah hilang atau masih ada ya pak. Mohon pencerahannya.

Pak hp samsung note 4 saya kondisi hidup kalo di pakai gk apa2 klo di diamin mati trus kalo mati harus copot batrey kadang muncul simbol android sama tulisan merah itu kenapa ya pak mohon bantuan

gan,,ane mau tanya tentang samsung tab 2..kondisi restart terus, udah di factory reset tp ttep gak mempan.kayak nya itu EMMC nya klo gak salah.Kira2 ada solusi tdk klo emng bener EMMC nya? SOLUSI TANPA GANTI EMMC �� hihi

Gan kalau hh merk s*msung kondisi bootloop, untuk memastikan itu bukan masalah emmc bagaimana ya? Apakah tidak bisa masuk recovery mode atau apa contohnya?

maaf gan mau tanya jika asus zenfone 5 saya pada saat masuk droidboot lalu recovery malah logo android dengan tanda seru merah tidak bertuliskan tidak ada peintah...solusinya gimana ya.. mohon pencerahannya terima kasih

Sebaiknya dicoba flashing dulu pak, soalnya untuk memastikan bahwa IC EMMCnya yang bermasalah terlebih dahulu harus di flashing dulu pak.

Kalau gejalanya seperti itu, coba cek dulu baterainya, kalau baterai fix masih baik, berarti frimwarenya yang bermasalah gan, coba wipe dulu atau reset kalau tidak berhasil lanjutkan untuk flashing gan

Coba di flashing dulu bro

Kalau masalah seperti itu, coba masukan memory cardnya kekomputer dek, trus cek dikomputer, misalnya tidak terbaca kemungkinan terbesar memory cardnya sudah rusak. kalau masih terdeteksi coba perbaiki dengan program-program repair card

Kalau masalah mati total tidak bisa dianalisa bro, usahakan terdeteksi di komputer minimal sebagai device competion atau sejenisnya. sebagaiknya periksa handwarenya atau rekomendasi dari penulis lebih baik bawah ke tukang service bro.

Hp saya Coolpad Cool Dual kadang ngecasnya lambat tapi kalo di restart mau lagi ngecas normal hpnya. Itu kerusakan Hardware atau Software nya?

Tolong nih HH saya Redmi 4X saya keliru karena ketidaktahuan saya saya di TWRP ke ceklist semua kecuali SDCard lalu muncul tulisan "No OS Installed" saya sudah instal ROMnya lagi tapi masih stuck di Logo, saya sudah ke Servis katanya IC harus ganti, tapi sebelumnya masih bisa ke TWRP dan Fastboot, tolong solusinya...

Hp saya Xiaomi Redmi 4X stuck di Logo, sudah di bawa ke Servis HP, katanya harus ganti IC, padahal saya hanya wipe semua ke ceklist kecuali SDCard di TWRP, lalu "No OS Installed" lalu saya Instal ulang ROM nya di TWRP tapi tetap stuck di logo, masih bisa ke detect komputer, masih bisa di TWRP dan Fastboot, tolong solusinya...

Mas, hp saya oppo joy 3, tadinya muncul sayangnya aplikasi terhenti, terus saya bawa ke konter udah bisa bener, nah baru 1 minggu mati gitu, saya hidupkan muncul logo aja, itu kenapa ya?

hh ane mi4i baru ganti emmc,tp kata om service g blh di update versi miui nya,kalo nekat katanya bisa brik lg,solusinya giman biar bisa update versi miui nya

siang mas mohon bantuannya,
HP saya ZTE V830W baru mati 3 hari yang lalu waktu lagi "WA" tiba2 mati sendiri pas di hidupkan lagi gak bisa cuma masuk di logo saja,
saya sdh bawa ke counter service tapi belum hidup juga dia bilang kalo rom nya sudah rusak.
Pertanyaan saya : apakah hp saya masih bisa hidup lagi/bisa aktif seperti semula lagi, masih bisa diperbaiki atau memang sudah tidak bisa hidup sama sekali (mati Total) ???
di tunggu bantuan jawabannya TERIMA KASIH.

Kalo kanti ic lenovo a6000 harganya berapa om

Mas hp saya reno 3 pro. Awal mula bootloop kmudian diflashing bisa hidup lagi n normal. Selang hari kambuh lagi bootloop. Tpi diflash hidup lagi. Ini udah 3x kambuh gtu. Kira2 apanya ya? Terima kasih

Mau tanya gan, ADVAN S5E Pro pada saat dinyalakan nyala sebentar lalu mati, pada bagian depan tepatnya disekitar speakerphone bukan buzzer itu sering panas, saya flash tetap saja tidak ada perubahan, malah sekarang matot, bagaimana solusinya gan, terimakasih.

Awenk Advèñturè
Selamat malam bos., Maaf saya mau tanya nih,saya punya hp Lenovo vibe k5 plus, ketika hp keadaan hidup semuanya normal tapi ketika hp redup/terkunci sekitar 4mnit hp ga mau nyalah lagi terus pas saya buka baterai dan d pasang kembali hp normal lagi terus saya cek paket power suplai hp tetep normal tapi setiap hp redup atau di kunci jarak 4menit hp kembali mati lagi., Mohon solusinya bos., Terimakasih

Sudah pernah di flashing tidak bro? kalau sudah dan masih seperti itu, apakah sensor cahaya bagian depan layar tertutupi atau tidak. coba di cek dulu. ada kasus yang pernah saya tangani hampir sama kasusnya. Ternyata hanya karena sensor cahayanya tertutupi waktu itu, jadi kalau hp dikunci otomatis tidak bisa dibuka lagi dengan tombol kunci kecuali baterainya dilepas trus dipasang lagi. Semoga membantu

Jika memang proses flashing sudah benar, ada kemungkinan arus listriknya yang bermaasalah gan, kalau bisa coba dibuka kemudian sikat dengan tinner, trus keringkan dan coba di flashing lagi gan.

Sudah jelas itu tanda-tanda dari IC EMMC mas. kemungkinan jika terus seperti itu malah matot mas, sebaiknya di IC EMMC diganti.

Halo mas Zulfikar. jika memang benar sudah di cek oleh si tukang service trus rom nya yang bermasalah, jalan satu-satunya ganti romnya mas, tapi ada kemungkinan rom tipe ZTE masih jarang beredar di indonesia makanya pihak counter tidak mengganti romnya pada waktu itu.

sebaiknya didengar kata om servicenya.

Itu namanya Bootlop mas dengan kata lain stuck di logo, jika ic EMMCnya masih normal solusinya tinggal di flasing ulang.

Coba flashing pake mode Fastboot bro.

Kemungkinan besar Hardwarenya, seperti baterai atau ic powernya.

Ada kemungkinan recoveynya hilang, coba flashing recovery.img via pc kedalam HHnya gan.

Kalau untuk lebih pastinya, coba flashing saja gan. Kalau tidak ada perubahan sudah tentu IC EMMCnya

Hehe, kalau sudah EMMCnya sih yang pasti harus diganti gan. Tapi kalau belum di falshing, coba flashing dulu via PC gan siapa tau work.

gan ane punya asus zenfone c..pas ane demus trus ane tinggal tidur tiba" hp ane mati pasa ane nyalain mentok di logo pas ane coba factory reset ga bisa gan itu gmna??

bang,kenzo ane klo dah mi android logonya suka ngacak ya trus restar lagi
tpi recovery mode normal
apa itu emmcnya

untuk lebih memeasitikan coba 2 cara yang baru admin publikasi gan. disana ada dua metode, baik via pc atau berupa aplikasi. Karena jangan sampai salah analisa.

Sebaiknya untuk memeasitikan, di flash dulu, atau coba dua cara yang baru penulis terbitkan diatas, itu fungsinya untuk mengetahui kondisi ic nya

Mo tanya opo r10001 dicas muncul btre petir. Dan memtog logo ...
Apakah bisa diflash??

Iya bisa bro, coba cek kalau dihubugnkan ke pc, notifikasinya nunjukin apa?

Gan mau nannya, hp andromax es ane cma smpai logo.
Msuk mode recovery gk bisa, connect k pc jga gk bsa gan.
Dclokin kbel dta tkan power+volume + gk bsa jga gan.

Permisih mau nnya kán hp saya udh difastboot dan sukses tpi msih bootlop knap ya bos

Hp saya xiomi Redmi 4A kmrn tidak sengaja ketekan tombol mode anak dan tersandi dengan sendirinya sudah saya bawa ke conter di flash berulang kali tapi tetep tidak bisa di buka mlh slah pengoprasian lalu saya ganti conter jg di flash berulang kali msh sm tidak bisa di buka...apakah ini yg rusak emmc nya dan msh bisa di perbaiki kah?

hp saya lagi di pakai browsing, eh tiba2 ada tulisan warna merah, bacaan odin mode(multi core download), trs tulisan putih bacaan product name : SM-J1106, current binary : samsung official, system status : custom, trs tulisan warna biru secure download : enabled. itu knp? udah dibawa ke tukang service katanya kena IC EEMCnya. soalnya waktu itu pernah dibanting sm adik, itu ngaruh gak bos?

Kang blh tanya gk? Klo emmc rusak trs kita pasang emmc hp lain (kanibal) yang beda merk dan tipe tetapi kaki ic sama gmna? Bisa atau tidak? Thanks

Bang please help,
kyk nya aku kena tipu. Kmaren beli hp xiaomi redmi 4x prime baru seminggu, masuk fastboot (kyknya kepencet).
Karna g paham ak bawa ke counter, sama counternya malah di ganti ic emmc nya katanya rusak (padahal g ada gejala rusak sama sekali dan sebelumnya juga cuma fastboot).
Nah ic emmc ku yg asli di bor ma dy sampe bolong bang, dn di ganti yg baru pake ic emmc nya samsung katanya .
Ngaruh nya kmana ya bang ini? Ato efeknya apa dan ak kudu gmn?

Please pencerahannya bang T__T

Kang mas kalau ganti ic emmc semua data dihp kita hilang atau engga ya?

Selamat sore pak.
Hp saya oppo f1s klo di dimainin game cepek ngehang klo di matiin bootloop totscreen juga kadang eror klo di pencet ga sesuai..
Udh di instal 4x tapi sama aja.
Kira kira apa penyebabnya apakah harus ganti EMMC?

Slamat malam pak, android saya emmc fix rusak dan sekarang sudah ganti. Masalahnya firmware yang diinstall bukan firmware yang seharusnya (flyme os meizu) tapi firmware abal2 jadi tampilannya kayak hape murah. Ada kemungkinan nggak pak untuk di instal firmware orinya? Trims

Slamat malam pak, android saya emmc fix rusak dan sekarang sudah ganti. Masalahnya firmware yang diinstall bukan firmware yang seharusnya (flyme os meizu) tapi firmware abal2 jadi tampilannya kayak hape murah. Ada kemungkinan nggak pak untuk di instal firmware orinya? Trims

om maaf mau tanya,.,hp sya zte w815v tadinya matot trus sya flsh ulang notif di PC nya berhasil tapi pas sya nyalain hp nya msh berhenti di logo aja.,.tp recovery msh bisa,.,tadinya sebelum di flash ga bisa recovery,.kira2 emmc nya hrs ganti apa ga y?,.,terima kasih banyak sebelumnya,.,

Assallamu'allaikum.. om saya mau tanya . Hp saya LG G4 . Pas dinyalain berhenti di logo LG Mobile . Kadang kuat nyala kemenu . Tapi balik lagi ke Logo LG . Mohon pencerahannya??

Mau tanya mas, hp lenovo a6000 sy ketika dihidupkan baru muncul logonya bentar lgsg restart sendiri bgtu trs, lama² hanya lcdnya ja yg nyala, mohon penjelasanya ????

mas mau tanya, apa bener harga EMMC sampai 450 ??

mau nanya, mending ganti IC EMMC OPPO neo 7 yang rusak ke yang baru apa beli hp baru ya ?
mohon bantuannnya untuk pertimbangan
terima kasih

Bang mau tanya.. Hp saya oppo,, sudah mati total.. Katanya harus ganti mmc.. Kira" kalau udah ganti mmc hp nya bisa kembali normal ga ya?? Ngeri rusak lagi

bro hp saya bisa masuk twrp dan fastboot tapi pas nyalain hp berhasil masuk logo dan mati lgi lalu masuk mode fastboot

Klo emmc nya dignti apa hp nya bisa normal sperti smula atau ga ? Msih bisa awet atau ga?

Selamat pagi gan sya mau tanya apakah benar ada nya jika mmc hp di ganti akn berdampak pada cpu yg kala nya akn cepat memanas dn pada akhir nya ngblank dengan sendiri nya sekian dan trimakasihh....

Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon