Macam-macam Kelenjar Endokrin dan Eksokrin

 
Kelenjar endokrin merupakan kelenjar yang berada di dalam otak yang berguna sebagai pengatur hormon-hormon yang dihasilkan dari kelenjar lainnya. Kelenjar endokrin dalam tubuh membentuk suatu sistem yang disebut sistem endokrin.

Sistem endokrin terdiri dari kelenjar yang mengeluarkan zat kimia yang disebut ‘hormon’ ke dalam aliran darah atau jaringan sekitarnya. Bersama dengan sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh, sistem endokrin membantu tubuh untuk mengatasi berbagai aktivitas dan tekanan. Sistem endokrin meliputi kelenjar pituitari, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar adrenal, pankreas, ovarium, dan testis.
Kelenjar endokrin membuat bahan kimia yang disebut hormon dan menyebarkannya mereka langsung ke dalam aliran darah. Hormon dapat dianggap sebagai pesan kimia.

Dari aliran darah, hormon berkomunikasi dengan tubuh dengan menuju sel target mereka untuk membawa perubahan tertentu atau efek ke sel itu. Hormon ini juga dapat membuat perubahan pada sel-sel dari jaringan sekitarnya (efek parakrin). Sistem endokrin bekerja dengan sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh untuk membantu tubuh mengatasi berbagai aktivitas dan tekanan.

Cabang ilmu kedokteran – yang berkaitan dengan studi tentang sistem endokrin – disebut endokrinologi dan dipraktekkan oleh ahli endokrin. Bidang ini berkembang pesat karena pemahaman tentang jalur selular yang merangsang hormon dan penemuan hormon baru dan tindakan mereka.

Kelenjar eksokrin

Sebuah kelenjar eksokrin, seperti kelenjar endokrin, adalah kelenjar yang mengeluarkan zat (elektrolit, protein atau enzim) langsung ke situs target melalui saluran atau tabung. Beberapa contoh termasuk:
  1. kelenjar ludah
  2. kelenjar keringat
  3. kelenjar sebaceous
  4. Pankreas.
Pankreas adalah baik sebagai endokrin dan organ eksokrin. Ia melepaskan enzim tertentu untuk membantu pencernaan dikirim ke usus melalui saluran pankreas. Endokrin pankreas juga melepaskan hormon seperti insulin dan glukagon, hormon yang sebagian besar berhubungan dengan metabolisme glukosa, ke dalam aliran darah.


Macam-macam Kelenjar Endokrin dan Eksokrin serta fungsinya
source : pertahanancinta.wordpress.com

Fungsi dari sistem endokrin

Beberapa peran sistem endokrin meliputi:
  1. pertumbuhan
  2. perbaikan
  3. reproduksi seksual
  4. pencernaan
  5. Homeostasis (keseimbangan internal konstan).

Organ Kelenjar endokrin

Kelenjar utama dan organ-organ sistem endokrin meliputi:

  • Kelenjar pituitari – di dalam otak. Ini mengawasi kelenjar lain dan menjaga tingkat hormon terjaga. Hal ini dapat membawa perubahan pada produksi hormon di tempat lain dalam sistem dengan melepaskan hormon ‘merangsang’ sendiri. Kelenjar pituitari juga terhubung ke sistem saraf melalui bagian otak yang disebut hipotalamus. Hormon-hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis adalah gonadotropin (LH dan FSH), hormon pertumbuhan (GH), thyroid stimulating hormone (TSH), hormon adrenokortikotropik (ACTH), prolaktin, hormon antidiuretik dan oksitosin.
  • Kelenjar tiroid – terletak di leher di bagian depan tenggorokan. Ia melepaskan hormon tiroid (T4 dan T3) yang diperlukan untuk metabolisme dan homeostasis tubuh. Hal ini dikendalikan oleh TSH yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis melalui loop umpan balik.
  • Kelenjar paratiroid – biasanya ada empat kelenjar paratiroid yang terletak di samping kelenjar tiroid. Kelenjar paratiroid terlibat dalam kalsium, fosfat dan regulasi vitamin D.
  • Kelenjar adrenal – ada dua kelenjar adrenal yang duduk di atas masing-masing ginjal. Mereka membuat sejumlah hormon yang berbeda. Bagian luar kelenjar (adrenal korteks) membuat hormon kortisol, aldosteron dan jenis kelamin. Pusat kelenjar adrenal (adrenal medulla) membuat adrenalin. Adrenalin adalah contoh hormon yang berada di bawah kendali sistem saraf.
  • Pankreas – organ pencernaan yang ada di dalam perut. Itu membuat insulin, yang mengontrol jumlah gula dalam aliran darah. Hal ini juga membuat hormon-hormon lain seperti glukagon dan somatostatin.
  • Ovarium – berada di dalam panggul perempuan. Mereka membuat hormon seks wanita seperti estrogen.
  • Testis – mereka menggantung di kantong skrotum laki-laki. Mereka membuat hormon seks pria seperti testosteron.

Organ endokrin lainnya yang kurang dikenal meliputi:

  • Jaringan adiposa (jaringan lemak) – dikenal menjadi metabolik penting. Ia melepaskan hormon seperti leptin, yang mempengaruhi nafsu makan, dan juga merupakan tempat produksi estrogen. Insulin juga bekerja pada jaringan adiposa.
  • Ginjal – menghasilkan eritropoietin (EPO) yang merangsang produksi sel darah merah, memproduksi renin yang diperlukan untuk regulasi tekanan darah dan menghasilkan bentuk aktif vitamin D (1-25 dihidroksi vitamin D3)
  • Gut – peningkatan jumlah hormon dalam usus sedang diteliti dan dipahami untuk mempengaruhi metabolisme dan nafsu makan. Termasuk glukagon- seperti peptide 1 (GLP-1), ghrelin yang merangsang nafsu makan, dan somatostatin.

Masalah dari sistem endokrin

  • Diabetes – terlalu banyak gula dalam darah yang disebabkan oleh masalah dengan produksi insulin. Ini termasuk diabetes tipe 1 (defisiensi insulin) dan Jenis diabetes tipe 2 (awalnya berlebihan, kemudian kekurangan, insulin).
  • Kelainan menstruasi – haid tidak teratur atau kurangnya menstruasi. Beberapa penyebab sindrom ini termasuk polikistik ovarium (PCOS), adenoma hipofisis atau kegagalan ovarium primer (POF).
  • Masalah tiroid – ketika kelenjar terlalu aktif (hipertiroidisme) atau kurang aktif (hipotiroidisme). Nodul tiroid umum, tetapi kanker tiroid jarang terjadi, dll.








Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon