Manajemen dapat didefinisikan dalam berbagai versi, dari yang
singkat sampai yang rinci, namun intinya tetaplah sama, yakni proses mengelola
dan melaksanakan aktifitas-aktifitas pekerjaan agar terselesaikan sesuai yang
diharapkan. Definisi yang singkat misalnya menurut Chung dan Megginson (1981)
manajemen didefinisikan sebagai ;”the
process of getting the job done”(Chung & Megginson: 1981), yang dengan
demikian bisa berarti bahwa proses mengelola suatu pekerjaan agar terlaksana
sesuai yang diharapkan mungkin pula diterapkan secara individu.
Definisi yang agak rinci menyatakan
bahwa manajemen adalah “the arts of getting things done through people
(seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain), yang artinya upaya
penyelesaian pekerjaan baru bisa disebut sebagai manajemen apabila menyertakan
orang lain. Dan yang lebih rinci lagi adalah “management as the process of
coordinating work activities so that they are completed efficiently and
effectively with and through other people (Robbins et all: 2003).
Definisi
lain yang sangat rinci menyebutkan “management
as the attainment of organisational
goals in an effective and efficient manner through planning, organizing,
leading and controlling organizational resources” (Samson dan Daft 2004),
mereka bahkan menegaskan bahwa pengelolaan penggunaan sumber daya organisasi
untuk mencapai tujuan dan performa terbaik ini bersifat universal, yang dengan
demikian berarti bahwa fungsi-fungsi manajemen adalah sama dimana saja dan
kapan saja pada seluruh jenis organisasi.
Definisi
atau pengertian mana yang paling tepat ? terserah anda karena keseluruhannya
mengandung inti pokok yang sama, yakni:
- manajemen adalah suatu kecakapan yang membutuhkan nalar dan naluri (karenanya dapat dipelajari sebagai suatu ilmu dan dipraktekkan sebagai seni) dalam mengelola aktifitas-aktifitas pekerjaan untuk mencapai tujuan.
- Pengelolaan aktifitas-aktifitas dimaksudkan
untuk mengefisiensikan penggunaan
sumberdaya dalam pencapaian tujuan (efektif).
- Agar aktifitas-aktifitas pekerjaan tersebut
terlaksana secara efisien dan efektif maka harus dikelola melalui proses
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.
Sementara itu
dari uraian tentang mengapa manajemen diperlukan serta pengertian manajemen
maka dapat diuraikan tiga alasan pentingnya manajemen yaitu:
- Untuk mencapai tujuan, baik tujuan organisasi maupun
pribadi.
- Untuk mencapai keseimbangan di antara tujuan-tujuan
yang saling bertentangan mengingat organisasi terdiri dari elemen-elemen
yang terkadang memiliki interest
serta kebutuhan yang berbeda pula
- Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas (Handoko
1994)
Komentar Anda di rwblog.id adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon